Latest News

Mengapa Dangdut Koplo Jatim Lebih Digemari

Mengapa Dangdut Koplo Jatim Lebih Digemari persembahan Toko Kaset Dangdut Koplo, "free download mp3 dangdut koplo" dengan lagu-lagu kualitas prima serta didukung oleh akun premium mediafire dan tusfiles.

Bila Anda menginginkan kualitas terbaik dari lagu ini, belilah VCD versi original-nya. Suara dan gambar dijamin bagus.


Jauh dipenjuru bumi bagian selatan dari hiruk-pikuk gemerlap dunia yang serba modern. Adat timur nuansa melayu yang semakin hari makin berkembang dan memiliki daya tarik luar biasa. Dangdut, satu diantara banyak kekayaan yang dimiliki negeri ini yang sampai saat ini masih patut di apresiasi keberadaannya.

Betapa tidak, mampu bertahan dari sorotan kritik tajam dan perlakuan deskriminatif dari kaum haters adalah bukti musik ini sebenarnya masih jadi primadona dikalangan masyarat pribumi.
Dulu banyak kita jumpai nuansa kebencian, rasa tidak suka, pendeskritan kaum pecinta musik melayu, hingga pengasingan bagi yang gemar dengan musik yang syarat dengan nuasa India ini. Tak usah heran karena musik ini memang tidak menggambarkan wujud semangat dan tidak mendatangkan pengaruh apa-apa bagi pendengarnya. Namun itu dulu jauh saat kata merdeka masih begitu spesial bagi bangsa yang kini megah bernama Indonesia.
 
Kini siapa yang meragukan eksistensinya? Dimana banyak kita jumpai hiburan yang melibatkan genre musik Dangdut sebagai daya tarik utama. Kesan meriah, akbar, dan kemewahan suatu acara sudah tidak lepas dari peran musik Dangdut. Latar alasannya adalah dengan semakin gemarnya masyarakat dalam dan luar negeri yang tak jarang mengeluarkan pujian decak kagum pada ke-khas-an musik ini.

Kenapa Dangdut kian digemari?

Pertanyaan menarik yang kadang tidak banyak orang mampu menjawab. Sederhana saja, sebenarnya secara garis besar Dangdut sudah banyak diminati banyak orang, HANYA saja tidak terbukanya sikap seseorang untuk sekedar mengakui masih sangat kental terasa. Perlahan tapi pasti fakta itu mulai terbantahkan tatkala banyak diantara kita yang mulai merasa percaya diri bahwa Dangdut merupakan bagian dari jati diri bangsa. Jadi apa salahnya untuk mengagungkan dan membanggakan musik asli Indonesia ini.

Sejatinya Dangdut terbagi dalam beberapa jenis umum. Yakni Dangdut klasik atau yang biasa kita kenal dengan istilah konvensional (original), dan juga seni rancak dengan sedikit sentuhan Jaipong yang akrab ditelinga kita dengan sebutan Koplo.

Yang saat ini ingin penulis sorot adalah eksistensi musik Dangdut berjenis Koplo yang lambat laun kian naik popularitasnya dikalangan masyarakat urban karena hentakan musiknya yang rancak dan membuat semangat. Terlepas dari peran aktif para musisi yang selalu menghadirkan kreatifitas bermusik tanpa batas.
Di Indonesia sendiri musik Koplo sudah mulai populer sejak tahun 90-an saat lagu-lagu ngetop ala Meggy Z bertransformasi menjadi aransemen Koplo. Walau saat itu banyak ditentang oleh beberapa kalangan yang mengatasnamakan diri sebagai pecinta Dangdut original dengan alasan merusak keaslian musik Dangdut, tapi tetap saja Dangdut Koplo diminati banyak pendengar.

Pun demikian hingga saat ini. Hingar bingar musik Koplo sudah sangat gampang kita temui di beberapa event yang melibatkan orkes atau artis-artis Dangdut didalamnya.
Namun sadarkah Anda kalau Koplo lahir dan besar dari Jawa Timur? Ini yang saya yakin Anda tidak tahu. Periodik tahun 2000 awal perkembangan musik Dangdut saat era Inul Daratista melambung namanya di layar kaca orang sudah mulai familiar dengan musik yang diusung dara cantik asal Pasuruan tersebut. Besar dari orkes daerah dan menjadi biduan dari kampung ke kampung turut menjadi alasan mengapa orang banyak tertarik pada musik yang dia bawa secara go nasional tersebut.

Walau penulis sadar pernyataan dan fakta ini tidak bergantung pada popularitas Inul semata, tapi kesimpulan dengan alasan kuat bisa dipahami jika pada akhirnya Jawa Timur yang notabene sebagai gudang orkes dengan genre serupa menjadi faktor penting bahwa memang Dangdut Koplo asli dari Jawa Timur. Mungkin sebagian besar dari Anda mengamini peryantaan tersebut.

Bukti konkret yang tidak perlu lagi diragukan adalah semakin banyaknya orkes-orkes baru yang bermunculan di Jawa Timur. Bukan hanya satu atau dua saja yang memiliki nama besar, tapi tergolong sangat banyak dan mayoritas sudah memiliki basis fans diberbagai kota besar di tanah air.

Sudah mulai paham? Baik, coba saya jelaskan lagi fakta berikutnya. Dari sekian banyak daerah di Indonesia memang tidak bisa di simbolkan bahwa Pulau Jawa sebagai kawasan ikonik tempat besarnya Dangdut Koplo. Namun secara pasti dari situlah perkembangan yang pesat itu berawal. Bahkan banyak orang menilai bahwa ini musik dari tanah Jawa yang ritmenya tidak jauh beda dengan musik kesenian dari Jawa.

Sementara di Jawa sendiri terdiri dari tiga provinsi besar yang juga memiliki kesenian adat yang hampir sama. Bakat-bakat generasi barunya sudah banyak teruji, tapi sempatkah Anda berpikir bahwa Jatim lagi-lagi paling mendominasi atas munculnya kreatifitas dari musik ini?

Fakta lain yang juga sebagai pendukung atas tumbuh kembang musik Dangdut Koplo di Jawa Timur adalah munculnya situs-situs penyedia link download baik Mp3 maupun media berbagi file video tentang Dangdut Koplo. Situs ini memiliki peranan vital mengingat metode promosinya bukan hanya menjangkau personal secara nasional melainkan kemungkinan untuk lebih dikenal orang secara global.

Tentu banyak dari Anda yang tidak terlalu menganggap penting hal ini. Dan itu juga yang mendasari penulis merasa perlu untuk menjelaskan bahwa tulisan ini tidak mewakili opini masyarakat secara keseluruhan, melainkan garis besar atau kesimpulan dari beberapa fakta yang penulis temukan.

Jadi memang karena kreatifitas para musisi dan artis lokal lah mengapa pada akhirnya Koplo khas Jawa Timur paling banyak digemari. Semoga kedepannya prestasi ini turut memantik semangat kreatifitas bagi musisi dari derah lain juga. Tetap semangat berkarya, dan tunjukan bahwa Jawa Timur memiliki para awak musisi hebat yang patut diperhitungkan di ranah industri musik.
 
Penulis: Bram Edo ©MMXIII Toko Kaset Dangdut Koplo - All Rights Reserved.-

Label Mengapa Dangdut Koplo Jatim Lebih Digemari

Mungkin Anda suka

0 Response to "Mengapa Dangdut Koplo Jatim Lebih Digemari" on Toko Kaset Dangdut Koplo